Minggu, 06 Februari 2011

Definisi Cloud Computing

Terjemahan dari (http://searchcloudcomputing.techtarget.com/definition/cloud-computing)

Cloud computing adalah terminologi umum tentang apapun yang terlibat dalam penyampaian service host melalui internet. Service-service ini secara garis besar dibagi menjadi tiga katagori:

  1. Infrastructure-as-a-Service (IaaS)

  2. Platform-as-a-Service (PaaS)

  3. Software-as-a-Service (SaaS)

Nama cloud computing diinspirasi oleh symbol awan yang digunakan untuk mewakili internet di diagram flowchart.

Sebuah service cloud mempunyai tiga karakterisitik yang membedakan dari hosting tradisional. Ini dijual berdasarkan permintaan, biasanya tiap menit atau jam, ini sangat elastik seorang pengguna dapat mempunyai service banyak atau service yang sedikit yg mereka inginkan per waktu dan service ini dikelola secara penuh oleh provider( pelanggan tidak membutuhkan alat/apalilaksi tambahan kecuali PC dan internet akses). Penemuan signifikan dalam virtualisasi dan computing terdistribusi, seiring dengan pertambahan kecepatan akses internet dan kelemahan dalam perekonomian telah mempercepat ketertarikan orang akan cloud computing ini.

Sebuah cloud dapat bersifat private atau public. Sebuah cloud public menjual service ke semua orang di internet. (Sekarang, Amazon web service adalah provider terbesar untuk public cloud).

Sebuah cloud private adalah jaringan proprietary atau sebuah data center yang mensuplai service host ke orang-orang dikalangan terbatas. Ketika service provider menggunakan resource public cloud untuk mencipatakan cloud private-nya, maka hasilnya disebut dengan virtual cloud. Baik private atau public, dari cloud computing bertujuan adalah untuk menyediakan kemudahan, akses berskala dalam resourses computing dan Service IT.

Infrastructure-as-a-Service seperti Amazon Web Services menyediakan virtual server instanceAPI) untuk start, stop, access dan configure virtual servers dan storage mereka. Dalam perusahaan besar, cloud computing memperbolehkan sebuah perusahaan untuk membayar hanya sebanyak kapasitas yang dibutuhkan/dipakai dan membawa sebanyak mungkin online secepat yang dipersaratkan. Karena model pembayaran berdasarkan besar yang digunakan seperti listrik, bensin dan air pam yg di kosumsi, kadang-kadang disebut sebagai utility computing.

Platform-as-a-service dalam cloud didefiniskan sebagai kumpulan dari software dan alat product development yang disimpan di infrastruktur provider . Developers membuat aplikasi di platform provider melalui internet. Provider PaaS menggunakan APIs, portal website atau gateway software yang terinstall di komputer customer. Force.com, (an outgrowth of Salesforce.com) dan GoogleApps adalah contoh PaaS. Developers perlu tahu bahwa saat ini belum ada stardar interoperability dan data portabilitas dalam cloud. Beberapa provider tidak akan mengijinkan software yang dibuat oleh customer dipindahkan keluar dari paltform mereka.

Dalam model cloud software-as-a-service, Vendor mensupli infrastruktur hardware, produk software dan berinteraksi dengan pengguna melalui front end portal. SaaS adalah market yang sangat luas . Services bisa jadi segala macam dari Web-based email sampai inventory control dan database processing. Karena service provider menghosting keduanya application dan data, kemudian end user bisa secara bebas untuk menggunakan service dari manapun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar